RSUD H. Damanhuri memiliki unit ICT (Information and Communication Technology) yang bertugas untuk memastikan perangkat teknologi informasi terutama komputer dapat berfungsi dengan baik. Namun, sistem pelaporan dan penanganan masalah kerusakan komputer yang masih manual melalui formulir kertas atau panggilan telepon, pencatatan status perbaikan di buku, serta komunikasi antar petugas yang dilakukan secara lisan seringkali menghambat efisiensi dan efektivitas. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah aplikasi manajemen perbaikan komputer berbasis web yang dapat membantu mempercepat dan mempermudah proses perbaikan aset di unit ICT RSUD H. Damanhuri. Penelitian ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan model waterfall, yang mencakup tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Dengan adanya aplikasi ini, proses pelaporan dan perbaikan masalah komputer dan aset menjadi lebih cepat, sistematis, dan terstruktur, sehingga operasional rumah sakit dapat berjalan dengan lebih lancar tanpa gangguan teknologi yang berarti.
Keywords
Berbasis Web, Perbaikan Komputer, Teknologi Informasi.
Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2016). Management Information Systems: Managing the Digital Firm. Pearson.
Turban, E., Volonino, L., & Wood, G. R. (2015). Information Technology for Management: Advancing Sustainable, Profitable Business Growth. Wiley.
Musoffa, M. Z., Susanto, E. S., & Mulyanto, Y. (2022). Sistem Informasi Manajemen Aset Berbasis Web Di Universitas Teknologi Sumbawa. JINTEKS (Jurnal Informatika Teknologi dan Sains), 4(1), 42–51. ISSN 2686-3359. https://doi.org/10.51401/jinteks.v4i1.1530
Tabrani, M., & Aghniya, I. R. (2019). Implementasi Metode Waterfall Pada Program Simpan Pinjam Koperasi Subur Jaya Mandiri Subang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang
Teknologi Informasi dan Komunikasi, 14(1), 41. https://doi.org/10.35969/interkom.v14i1.46