Sistem Informasi Perizinan Santri Berbasis Web di Pondok Pesantren Amanah Ummah
Fitri Handayani, Ari Pantjarani, Mursid Dwi Hastomo
Abstract
Pondok Pesantren Amanah Ummah Mojolaban merupakan lembaga pendidikan setingkat SMP yang berfokus pada pendidikan keagamaan dan juga kedinasan yang mewajibkan santri untuk tinggal di dalam asrama. Seiring dengan bertambahnya jumlah santri yang masuk akan berpengaruh dalam proses laporan akhir kehadiran santri kepada pimpinan. Dan untuk meminimalisir kesalahan dan mempermudah pengecekan santri yang izin maka perlu dibuat sistem informasi perizinan santri berbasis web. Berdasarkan paparan di atas maka dalam penelitian ini rumusan masalah yang akan diselesaikan adalah “Bagaimana membuat sistem informasi perizinan berbasis web di Pondok Pesantren Amanah Ummah Sukoharjo”. Tujuan pengembangan sistem informasi ini untuk mempermudah proses rekapitulasi data perizinan santriwati yang bisa diakses langsung oleh bag.perizinan, wali kelas, wali asrama maupun kepala sekolah. Metode yang digunakan untuk pengembangan sistem informasi perizinan santriwati ini menggunakanSystem Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall. Sistem perizinan santriwati ini dibuat dengan menggunakan bahasa PHP Native dan basis data MySQL sebagai media penyimpanan data. Dengan dibuatnya sistem yang baru diharapkan dapat mempermudah tas.perizinan maupun asatidz dalam pendataan santriwati yang memungkinkan sehingga menjadi lebih efektif dan efisien.
Hakim, Lukman, and Agung Riyantomo. "Sistem Informasi Pembayaran dan Perizinan Santri pada Pondok Pesantren Tarbiyatul Khoirot Semarang." Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak 4.1 (2022): 36-40.
Andriyadi, Anggi, and Syela Angreani. "Sistem Informasi Perizinan SIUP & SITU Pada Kantor PTSA Kota Bandar Lampung Berbasis Web." Jurnal SIMADA (Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data) 1.2 (2018): 116-127.
Liang, Suwarno, and Violen Anjeli Anggraini. "Perancangan Dan Implementasi Sistem Ujian di SMKN 5 Batam Menggunakan Metode SDLC." National Conference for Community Service Project (NaCosPro). Vol. 4. No. 1. 2022.