Sistem Informasi Pengajuan Pinjaman Berbasis Web Di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah BMT ASM Tasikmadu Karanganyar

Esa Rifatul Muth Mainnah Aziz, Ari Pantjarani, Mursid Dwi Hastomo

Abstract


ABSTRAK

Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah BMT ASM Tasikmadu Karanganyar perlu adanya kemajuan teknologi dalam proses pengajuan pinjaman. Proses  pengajuan pinjaman, pengolahan data hingga penyusunan laporan masih dilakukan secara manual.  Anggota harus datang langsung ke koperasi untuk melakukan  pengisian formulir pengajuan pinjaman yang diberikan oleh pihak koperasi serta mengumpulkan dokumen fisik sebagai syarat dalam proses pengajuan pinjaman.  Dokumen fisik membuat berkas menjadi menumpuk dan memakan banyak waktu serta tempat  sehingga hal tersebut dapat menghambat jalannya proses pelayanan pengajuan pinjaman. Oleh karena itu KSPPS BMT ASM Tasikmadu membutuhkan sistem informasi yang berbasis web agar data dapat tersimpan secara aman dan terstruktur di dalam database. Metode yang digunakan untuk pengembangan sistem menggunakan System Development Life Cycle (SDLC) dengan model waterfall. menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang sistem informasi pengajuan pinjaman berbasis web untuk memudahkan proses pengajuan pinjaman anggota, melakukan pendataan pengajuan pinjaman dan pembuatan laporan hasil pengajuan pinjaman. Sistem informasi ini bisa diakses oleh anggota, manager, dan admin. Dengan dibuatnya sistem informasi ini diharapkan dapat membantu dalam proses pengajuan pinjaman oleh anggota dan  meningkatkan kinerja koperasi dalam pendataan pengajuan pinjaman agar lebih efektif dan efisien


Keywords


Koperasi; Pinjaman; Sistem Informasi; PHP; MySQL.

Full Text:

PDF

References


KAWI, A. P. B. G (2022). SISTEM INFORMASI PENGAJUAN KREDIT BERBASIS WEB PADA PT. BPR GUNUNG KAWI.

Nurhadi, N., & Istiani, F. (2022). Model Sistem Informasi Pengajuan Kredit Berbasis Web pada Bank Perkreditan Rakyat. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 11(3), 627-640.

Ningrum, R. S., & Sudarmaji, S. (2021). APLIKASI PENGOLAHAN DATA PEMBIAYAAN NASABAH PADA BMT L-RISMA CABANG KOTA METRO. Jurnal Mahasiswa Sistem Informasi (JMSI), 3(1), 27-36.

Pande, P. R. E., Putra, I. N. T. A., & Putri, N. W. S. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengajuan Kredit Pada Bumdesa Bersama Santhi Sedana. Telematika: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi, 17(2), 171-181.

Samsudin, M., Abdurahman, M., & Abdullah, M. H. (2019). Sistem Informasi Pengkreditan Nasabah Pada Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Baru Kota Ternate Berbasis Web. Jurnal Ilmiah ILKOMINFO-Ilmu Komputer & Informatika, 2(1), 11-23.




DOI: https://doi.org/10.52187/img.v3i1.89

Refbacks

  • There are currently no refbacks.