Sistem Informasi Arsip Pengambilan Paket Pada Shopee Express Kartasura

Denisa Teyfulati, Chairullah Naury, Nuur Rochman Naafian

Abstract


ABSTRACT

 

Sistem informasi arsip pengambilan arsip pengambilan paket adalah perkembangan teknologi informasi saat ini semakin cepat memasuki berbagai bidang, sehingga kini semakin banyak perusahaan yang berusaha meningkatkan usahanya terutama dalam bidang bisnis yang sangat berkaitan erat dengan teknologi informasi.

Shopee express kartasura adalah sebuah perusahaan cabang yang berada di Kecamatan Kartasura. Instansi tersebut memiliki masalah dalam hal Buku Arsip dimana masih menggunakan media buku dalam pencatatan data pengambila paket di kantor. Hal tersebut tentu saja menyebabkan masalah, antara lain dalam proses pengolahan data yang lambat, kerusakan data akibat  data arsip berupa media kertas, dapat dimanipulasi dan mudah untuk dirusak. Proses menulis buku arsip masih dilakukan dengan menggunakan media kertas.

Hal tersebut tentu saja berdampak buruk bagi keberlangsungan kegiatan di kantor tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat Sistem Informasi Arsip Pengambilan Paket Pada Shopee Express Kartasura.  Penulis menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) dalam proses pengembangan sistem dan bahasa pemrograman PHP serta menggunakan basis data MySQL. Sistem yang penulis rancang diharapkan dapat untuk memudahkan pimpinan dan karyawan untuk mengakses data, melakukan identifikasi, menjadi penyimpanan data dari aplikasi atau situs web dan memudahkan untuk melakukan update data atau informasi terbaru meski jaraknya sangat jauh.


Keywords


Sistem Informasi, Arsip, SDLC, PHP, MySQL

Full Text:

PDF

References


Defiansyah, Robert. (2021). Jurnal Perencanaan Sains Teknologi dan Komputer(JuPerSaTek). OPTIMALISASI MANAJEMEN PENGARSIPAN DENGAN SISTEM E-ARSIP MENGGUNAKAN MODEL INDEKSASI DATA(STUDI KASUS BANK MANDIRI KANTOR CABANG TELUK KUANTAN.

Ichwani, Arief. Bahran, Fahreza. Anwar, Nizirwan. Ulum, Muhamad Bahrul. Nurhansyah, Nina. (2021). Sistem Informasi dan Teknologi(SISTOFEK). Rancang Bangun Sistem Pickup Menggunakan Pendekatan Rapid Application Development(RAD).

Kinaswara, T. A. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Inventoris Berbasis Website Pada Kelurahan Bantengan.

Pratiwi, Izzati Tiara. (2021). Sistem Informasi dan Teknologi(SITECH). Sistem Informasi Manajemen Paket Ekspedisi CV. MK Express.

Rifqi, A. N. (2018). UPT Perpustakaan Politekik Negeri Malang, Indonesia. IMPLEMENTASI SISTEM INSTITUTIONAL REPOSITORY HASIL KARYA ILMIAH SIVITAS AKADEMIKA POLITEKNIK NEGERI MALANG (Studi Pengembangan Sistem Menggunakan System Development Life Cycle:SDLC), vol 2, NO 1.

Salamun, Muhammad. Octavian, Yoggi Prasetyo. Qadarsih, Nurmala Dewi. (2020). Seminar Nasional Riset dan Teknologi(SEMNAS RISTEK). PERANCANGAN SISTEM ORDER EKSPEDISI PT WIDYA TRANS CARGO.




DOI: https://doi.org/10.52187/img.v3i1.86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.