Sistem Informasi Agenda Tamu Kelurahan Jebres Surakarta

Ratna Monita Sari, Kresno Ario Wibowo, Nuur Rochman Naafian

Abstract


ABSTRACT

 

Buku Agenda merupakan aktivitas pelayanan yang berperan dalam rangka pencapaian mutu dan kelancaran kegiatan pelayanan masyarakat di Kelurahan Jebres. Buku Agenda menjadi sangat penting karena sebagai bentuk pengagendaan keperluan masyarakat dan pencarian data masyarakat.

Kelurahan Jebres Surakarta adalah sebuah Kelurahan yang berada di Kecamatan Jebres Surakarta. Instansi tersebut memiliki masalah dalam hal Buku Agenda dimana masih menggunakan media buku dalam pencatatan data keperluan masyarakat. Hal tersebut tentu saja menyebabkan masalah, antara lain dalam proses pengolahan data yang lambat, kerusakan data akibat  data arsip berupa media kertas, dapat dimanipulasi dan mudah untuk dirusak. Proses menulis buku agenda masih dilakukan dengan menggunakan media kertas. Tidak adanya penyusunan buku agenda bulanan juga menyebabkan petugas administrasi kesulitan melihat pencatatan agenda, pencarian data yang rawan terjadinya kesalahan dalam penulisan.

Hal tersebut tentu saja berdampak buruk bagi perkembangan instansi. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat Sistem Informasi Agenda Tamu di Kelurahan Jebres Surakarta.  Penulis menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) dalam proses pengembangan sistem dan bahasa pemrograman PHP serta menggunakan basis data MySQL. Sistem yang penulis rancang diharapkan dapat menghasilkan aplikasi yang dapat mencatat data masyarakat yang masuk sesuai dengan keperluan masyarakat di Kelurahan Jebres Surakarta dan dapat diakses melalui web agar proses administrasi dapat berjalan efektif dan efisien.

 


Keywords


Kata Kunci: Sistem Informasi; Agenda; SDLC; PHP; MySQL

Full Text:

PDF

References


Andini Selva Noviriliya, M. A. (2022). Analisa dan Pengembangan Aplikasi Buku Tamu Berbasis Web Pada Kelurahan Pondok Cabe Udik.

Kinaswara, T. A. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Inventoris Berbasis Website Pada Kelurahan Bantengan.

Mukhsin. (2020). Univesitas Wiralodra. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi Menerapkan Sistem Informasi Desa Dalam Publikasi Informasi Desa Di Era Globalisasi , VOL. 3 NO. 1 (2020): Teknokom.

Rifqi, A. N. (2018). UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang, Indonesia. Implementasi Sistem Institutional Repository Hasil Karya Ilmiah Sivitas Akademika Politeknik Negeri Malang (Studi Pengembangan Sistem Menggunakan System Development Life Cycle: SDLC), vol 2, N0 1.

Riski Annisa, S. M. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Buku Tamu Berbasis Digital Pada Desa Arang Limbung Kabupaten Kuburaya, Vol. 1 No. 1.




DOI: https://doi.org/10.52187/img.v3i1.79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.