Sistem Informasi Tes Departemen Calon Karyawan Di Lembaga Pelatihan Kerja ( LPK ) Weaving Sritex Berbasis Web

Mufida Khoirinisa, Kresno Ario Tri Wibowo, Eka Budhi Santosa

Abstract


Tes Departemen Weaving merupakan teknikal tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan calon karyawan di bagian teknik pertenunan. Tes tersebut antara lain tes jalan cepat, sambung benang, pasang benang pakan, Reaching/cucuk, praktik keahlian, interview user. Tes tersebut akan dilakukan di LPK Weaving, Dalam pengolahan data tes Departemen Weaving masih manual menggunakan Microsoft excel di mulai dari pendataan peserta tes Departemen yang melakukan input berkas dari masing-masing calon karyawan dan melakukan input nilai dari hasil tes tersebut. Selain itu karyawan LPK Weaving harus membuat laporan hasil tes Departemen kepada HR (Human Resources) Sritex untuk diproses lebih lanjut. Namun dalam pengerjaannya masih memakan waktu yang lama dan data yang dihasilkan juga tidak efisien.

Berdasarkan uraian dari latar belakang, maka dapat dirumuskan masalah yang akan diselesaikan dalam penelitian ini adalah ”Bagaimana merancang dan membuat sistem informasi tes Departemen calon karyawan di LPK Weaving berbasis Web”. Untuk pengembangan sistem menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall. Untuk Bahasa pemrograman menggunakan PHP dengan framework Codeigniter dan basis data MYSQL. Sistem Informasi bertujuan untuk memudahkan dalam pengelolaan data informasi.


Keywords


Sistem Informasi; Tes Departemen; LPK Weaving

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Y., Pasha, D., & Setiawan, A. (2020). Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter ( Studi Kasus : Orbit Station ). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (Jtsi), 1(2), 64–70.

Danuri, M. (2019). Development and transformation of digital technology. Infokam, XV(II), 116–123.

Fridayanthie, E. W., Kusumaningrum, A., Iriadi, N., Sukma, A., & Kunci, K. (2021). Perancangan Sistem Penerimaan Pegawai Pada Pt . Satyamitra Surya Perkasa ( SSP ) Project Lontar Extention Tangerang Diterima : Diterbitkan : Jurnal Khatulistiwa …, IX(1), 32–37. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.PHP/khatulistiwa/article/view/9628

Mulyana, L. A., Muharam, H., & Priatna, A. (2019). Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Karyawan Pada Departemen Weaving Pt.Unitex. Jurnal Online Mahasiswa (Jom) Bidang Manajemen, 4, 1–11.

Murtina, H. (2019). Sistem Informasi Pengelolahan Data Rekrutmen Karyawan Berbasis Web. Information Management for Educators and Professionals, Vol.3,No.2(Juni, E-ISSN: 2548-3331), 119–128.

Oktria Supatra, N., & Masya, F. (2020). Analisa Perancangan Sistem Informasi Perekrutan Karyawan Outsourcing Berbasis Web Pada Pt Bsi Pro. Jusibi - (Jurnal Sistem Informasi Dan E-Bisnis), 2(1), 2655–7541. https://jurnal.ikhafi.or.id/index.PHP/jusibi/256

Santosa, E. B. (2013). Implementasi pendidikan karakter di SMA Kristen Pelita Nusantara Kasih Surakarta (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Sulistiyah, Hidayat, R., & Haryanto. (2019). Sistem Informasi Penerimaan Karyawan Berbasis Web Pada Pt. Sinar Sosrotangerang. Jurnal AKRAB JUARA, 4(9), 33–40.

Tugiyono, J. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan LPK Pramidia Bandung. Jurnal TEDC, 13(3), 267–275.

Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, November, 1–5.

Wijaya, I., & Mesran. (2019). Penerapan Metode AHP dan VIKOR Dalam Pemilihan Karyawan Berprestasi. A, 301–309.




DOI: https://doi.org/10.52187/img.v3i1.78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.