Perancangan Sistem Informasi Data Pembayaran Siswa Kursus Musik di Junos Music Course Karanganyar

denta deden asmara

Abstract


Junos Music Course adalah sebuah instansi yang bergerak di bidang jasa kursus musik di kota karanganyar. Instansi tersebut memiliki banyak siswa yang menggunakan di Junos Music Course. Setiap minggu peserta didik melakukan transaksi pembayaran untuk setiap kali hadir dan dicatat oleh bagian administrasi. Proses transaksi pembayaran di Junos Music Course masih dilakukan dengan mencatat pada buku catatan transaksi pembayaran sehingga menyebabkan masalah antara lain proses pencatatan yang lambat dan proses penghitungan pembayaran yang sering terjadi kesalahan. Selain itu proses pelacakan pembayaran peserta didik juga cenderung lambat karena harus membuka buku catatan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membuat sistem informasi pembayaran kursus berbasis web. Batasan masalah pada penelitian ini adalah proses pendataan pembayaran sampai dengan pembuatan laporan pembayaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah SDLC (System Development Life Cycle). Pembuatan sistem informasi menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL.


Keywords


sistem informasi, pembayaran, SDLC, PHP, MySQL

Full Text:

PDF

References


Anggraini, S., Sofiyan, A., Khumaini, H., Tinggi Managemen Informatika dan Komputer Dumai, S., & Karya Bukit Batrem Dumai-Riau kode pos, J. I. (2018). INFORMATIKA SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP DI SMK NEGERI 4 DUMAI BERBASIS SMS GATEWAY. Jurnal Informatika, Manajemen Dan Komputer, 10(2), 66–72. http://www.php.net.

Astriyani, E., & Mayang Sari, M. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP BERBASIS WEB MENGGUNAKAN NOTIFIKASI SMS GATEWAY (Studi Kasus : SMP Puspita Tangerang). CERITA, 6(1), 106–116.

Azizah, N., Warid, M., & Hidayatulloh, A. (2020). Implementasi Sistem Informasi Pembayaran SPP Berbasis Web (Studi Kasus : SMK Arrahman Tangerang). CICES (Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science), 6(1), 100–110.

Rochman, A., Sidik, A., & Nazahah, N. (2018). Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran SPP Siswa Berbasis Web di SMK Al-Amanah. Jurnal Sisfotek Global, 8(1), 51–56.

Sani, H. K., Ambiyar, A., Sukardi, S., & Sari, D. Y. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Pembayaran SPP Berbasis Web didukung notifikasi SMS. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 107–112. https://doi.org/10.29210/30031362000




DOI: https://doi.org/10.52187/img.v3i1.56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



85%
1-2 Weeks 2-8 Weeks 8-16 Weeks
Acceptance RateSubmission to 1st DecisionPeer-review SpeedSubmission to Accepted

Indonesian Journal of Information Technology and Computing (IMAGING)

Publisher: Politeknik Harapan Bangsa Surakarta
Address: Jl. Ir. Sutami No. 46, Jebres, Surakarta, Central Java, Indonesia

Creative Commons License

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.polhas.ac.id/index.php/imaging


Stat Counter & Web Analytics: