Sistem Informasi Penjadwalan Kerja Airport Security Berbasis Web di Angkasa Pura Airports Adi Sumarmo Surakarta

tulus nugroho

Abstract


Angkasa Pura Airports Adi Sumarmo Surakarta adalah sebuah instansi yang menerapkan sistem penjadwalan pada kegiatan keamanan yang dilakukan oleh airports security. Kegiatan tersebut dilakukan setiap hari sesuai dengan pleton dan waktu yang telah di tentukan oleh pimpinan. Proses penjadwalan kerja pada divisi airports security sangat penting untuk menumbuhkan disiplin personil dan meningkatkan pengamanan bandara agar berjalan sesuai dengan prosedur. Sistem penjadwalan yang dilakukan di Angkasa Pura dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak pengolah tabel dan dibagikan kepada personil. Hal tersebut menyebabkan beberapa masalah antara lain Ketika terjadi perubahan jadwal dan personil yang lupa pada jadwal yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membuat sistem informasi penjadwalan kerja berbasis web. Batasan masalah pada penelitian ini adalah pembuatan sistem informasi pada proses penjadwalan sampai dengan pembuatan laporan penjadwalan. Penulis pada penelitian ini menggunakan metode penelitian SDLC (System Development Life Cycle). Pada perancangan sistem informasi penulis menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL.


Keywords


sistem informasi, penjadwalan, SLCD, PHP, MySQL

Full Text:

PDF

References


Alfauzy, M., Fathin Aulia, H., & Retno Andani, S. (2020). Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Penjadwalan Rapat Pegawai Pada Kantor Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Pematangsiantar. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) , 218–223.

Ramadhani, I. A. (2018). Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalan Mata Kuliah Berbasis Web Di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Jurnal Pendidikan, 6(2).

Sagala, J. R. (2018). MODEL RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENJADWALAN BELAJAR MENGAJAR. Jurnal Mantik Penusa, 2(1), 87–90.

Sahat, M., Simarangkir, H., & Meiruwi, A. D. (2021). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJADWALAN MATA PELAJARAN BERBASIS WEB. Jurnal Elektro Luceat, 7(1).

Syulhan, M., Ghofany, A., Pasek, G., Wijaya, S., & Maududi, N. (2020). SISTEM INFORMASI PENJADWALAN PEMBELAJARAN PADA SMAN 5 MATARAM (Class Scheduling Information System of SMAN 5 Mataram). Jurnal Begawe Teknologi Informasi, 1(1), 68–78. http://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/




DOI: https://doi.org/10.52187/img.v3i1.54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.