Sistem Informasi Agenda Kegiatan Pada Human Resources Development Berbasis Desktop Dan Android (Studi Kasus PT Konimex Pharmaceutical Laboratories)

Sofia Nanda Ina Pratiwi, Nuur Rochman Naafian, Ari Pantjarani

Abstract


Sistem informasi agenda kegiatan HRD PT Konimex Pharmaceutical Laboratories masih bersifat manual, yaitu dengan melakukan penulisan jadwal di papan agenda kegiatan. Hal tersebut masih kurang efektif karena informasi belum tentu sampai kepana pihak yang seharusnya. Sehingga dapat berpengaruh dalam kelancaran suatu kegiatan. Batasan masalah yang penulis bahas adalah hanya mencangkup agenda kegiatan pada bagian HRD PT Konimex Pharmaceutical Laboratories. Sistem ini online namun tidak mengatasi masalah apabila ada masalah di jaringan internet. Untuk pengguna sistem desktop yaitu Admin 2 dan KASI HRD, sedangkan untuk android digunakan seluruh karyawan PT Konimex. Data input meliputi data user, data karyawan, data bagian, data jabatan, data ruangan, data gedung, dan data agenda kegiatan. Output dari sistem yaitu info user, info karyawan, info bagian, info jabatan, info ruangan, info gedung, dan info agenda kegiatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem agenda kegiatan pada Human Resources Development berbasis desktop dan android di PT Konimex Pharmaceutical Laboratories. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode SDLC (System Development Life Circle) model waterfall. Model tersebut memiliki beberapa tahap yaitu, analisa sistem, perencanaan dan desain sistem, implementasi, pengujian, dan perawatan. Untuk implementasi penulis menggunakan NetBeans untuk sistem desktop, B4A untuk android dan MySQL untuk database.


Full Text:

PDF

References


Hendry. 2015. Aplikasi 4 in 1 VB & MySQL. Jakarta:PT Elex Media Komputindo.

Maarif, Vadlya. Dkk. 2017. “Aplikasi Tes IQ Berbasis Androidâ€. Indonesian Journal on Software Engineering. 3 (2), 36 - 43.

Maryono, Agus. 2015. Pola Pikir Sistem. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Anggota IKAPI.

Komputer, Wahana. 2015. Panduan Aplikatif & Solusi (PAS):Membangun Sistem Informasi dengan Java NetBeans dan Mysql. Yogyakarta:CV.Andi Offset.

Rukun, Kasman dan B. Herawan Hayadi. 2018. Sistem Informasi Berbasis Expert System. Yogyakarta:Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.52187/img.v1i1.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



85%
1-2 Weeks 2-8 Weeks 8-16 Weeks
Acceptance RateSubmission to 1st DecisionPeer-review SpeedSubmission to Accepted

Indonesian Journal of Information Technology and Computing (IMAGING)

Publisher: Politeknik Harapan Bangsa Surakarta
Address: Jl. Ir. Sutami No. 46, Jebres, Surakarta, Central Java, Indonesia

Creative Commons License

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.polhas.ac.id/index.php/imaging


Stat Counter & Web Analytics: