Sistem Informasi Presensi Siswa Bimbingan Belajar Berbasis Web (Studi Kasus Pada Kumon Ngringo Palur)

Rizma Nur Fitriya

Abstract


Sistem informasi presensi siswa bimbingan belajar berbasis web ini dibuat untuk menyelesaikan masalah yang ada di instansi bimbingan belajar Kumon Ngringo Palur. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh penulis, presensi yang dilakukan di Kumon Ngringo masih menggunakan cara yang manual oleh pembimbing dibuku presensi, sehingga dapat menimbulkan ketidakakuratan pada data presensi. Hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah seperti menyulitkan pembimbing saat melakukan presensi apabila terjadinya kerusakan pada buku presensi dan juga dapat menyebabkan tidak efektifnya dalam hal tenaga dan biaya. Dengan dibuatnya sistem presensi berbasis web, hal ini akan memudahkan pembimbing dalam melakukan pengecekan terhadap kehadiran siswa dan kegiatan tersebut juga akan menjadi efektif. Berdasarkan uraian dari latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan masalah yang akan diselesaikan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana merancang dan membuat sistem presensi siswa kelompok bimbingan belajar yang dapat di akses oleh siswa, pembimbing dan pengelola lembaga untuk mendata siswa yang hadir dan tidak hadirâ€. Berdasarkan dalam pembuatan sistem, penulis menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) model Waterfall. Bahasa yang digunakan adalah PHP dan basis data MySQL.

 

Keywords: Software Development Life Cycle (SDLC), Sistem Informasi, Siswa, PHP, MySQL.

Full Text:

PDF

References


Dtf, A. (2020). [3] METODE WATERFALL: Pengertian, Kelebihan & Tahapan Model Waterfall. Salamadian, 1. Retrieved from https://salamadian.com/metode-waterfall/#:~:text=Pengertian Metode Waterfall. Pengertian Metode Waterfall adalah metode,sistematis %28berurutan%29 sesuai dengan siklus pengembangan yang ada.

Husain, A., Prastian, A. H., & Ramadhan, A. (2017). Perancangan Sistem Absensi Online Menggunakan Android Guna Mempercepat Proses Kehadiran Karyawan Pada PT. Sintech Berkah Abadi. Technomedia Journal, 2(1), 105-116.

Mulia, A. G. (2020). Sistem Informasi Absensi Berbasis Web di Politeknik Negeri Padang. Jurnal Teknologi Informasi Indonesia (JTII), 5(1), 11-17.

Putri, M., & Supriyono, H. (2019). Rancang Bangun Sistem Presensi Berbasis QR Code Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus Kehadiran Asisten Praktikum). Insypro, 4(1), 1-9.

Santoso, H., & Yulianto, A. (2017). Analisa Dan Perancangan Sistem Absensi Siswa Berbasis Web Dan Sms Gateway. Jurnal Matrik, 16(2), 65.

Siregar, L. (2020). Review Pengujian Keamanan Perangkat Lunak dalam Software Development Life Cycle (SDLC). Journal of Applied Sciences, Electrical Engineering and Computer Technology, 1(3), 1-11.

Sukatmi, & Pitri, E. S. (2018). APLIKASI ABSENSI SISWA BERBASIS WEB DENGAN DUKUNGAN SMS GATEWAY PADA SMK KRIDAWISATA BANDAR LAMPUNG. Jurnal Informasi dan Komputer, 6(1), 20-29.

TAHA, S., & MUH.RAIS. (2020). SISTEM INFORMASI PEMBERITAHUAN ABSENSI SISWA KEPADA ORANG TUA MENGGUNAKAN SMS GATEWAY BERBASIS WEB DI SMP NEGERI 4 PAREPARE. Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi), 5(2), 139.

Winata, M. H., Febiyanti, Nuliyanti, & Fajriani, A. (2021). PENGEMBANGAN ABSENSI SISWA BERBASIS APLIKASI WEB DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 69-75.




DOI: https://doi.org/10.52187/img.v2i2.36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



85%
1-2 Weeks 2-8 Weeks 8-16 Weeks
Acceptance RateSubmission to 1st DecisionPeer-review SpeedSubmission to Accepted

Indonesian Journal of Information Technology and Computing (IMAGING)

Publisher: Politeknik Harapan Bangsa Surakarta
Address: Jl. Ir. Sutami No. 46, Jebres, Surakarta, Central Java, Indonesia

Creative Commons License

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.polhas.ac.id/index.php/imaging


Stat Counter & Web Analytics: