Sistem Informasi Penilaian Psikotest Di LPK Hiro Karanganyar

Khoirunnisa Fitri Hidayah, Mursid Dwi Hastomo, Kresno Ario Tri Wibowo

Abstract


Sistem informasi bertujuan untuk memudahkan penyajian suatu data informasi. Sistem informasi penilaian sangat diperlukan dalam suatu instansi pendidikan, baik swasta maupun negeri. Hal ini dikarenakan dalam proses penilaian di dalam dunia pendidikan memiliki tujuan  atau peran yang sangat besar. Digunakan untuk mengetahui sejauh mana siswa dalam menangkap ilmu yang telah disampaikan oleh pembimbing atau pengajar. LPK HIRO KARANGANYAR merupakan lembaga kursus yang menyalurkan tenaga kerja magang khusus ke Jepang. Oleh sebab itu, system penilaian juga diperlukan di LPK HIRO KARANGANYAR. Sistem penilaian pada LPK HIRO KARANGANYAR masih menggunakan metode manual yaitu dengan cara pencatatan hasil pada selembar kertas. Sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam penginputan dan terjadinya kesalahan dalam penginputan cukup besar. Setelah proses penginputan selesai biasanya hasil penilaian pada LPK HIRO KARANGANYAR hanya disimpan didalam stopmap yang bisa mengakibatkan data hasil seleksi siswa hilang. Dengan penjelasan diatas, pengolahan data secara manual kurang dapat diandalkan. Selain itu ketidakefisienan waktu relative tidak sedikit dan juga pemborosan terhadap kertas pendaftaran. Batasan masalah yang penulis bahas adalah aplikasi yang dibuat berdasar keadaan di LPK HIRO KARANGANYAR yang berada dibagian penerimaan siswa baru saja. Data input yang penulis bahas antara lain data peserta dan data nilai psikotes. Output sistem yang penulis bahas adalah info data siswa dan info data nilai psikotes siswa yang diterima atau tidak diterima. Tujuan penulisan dalam pembuatan penelitian ini adalah merancang dan membuat sistem informasi penilaian hasil psikotes yang memungkinkan untuk membantu menciptakan suatu sistem penilaian yang lebih cepat, tepat dan akurat. Aplikasi tersebut diharapkan dapat diterapkan dalam proses penilaian psikotes di LPK HIRO KARANGANYAR. Penulis menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) sebagai metode dalam pengembangan sistem informasi, metode tersebut meliputi : analisa, desain, pengkodean, pengujian dan pemeliharaan sistem. Bahasa pemrograman yang penulis gunakan adalah VB (Visual Basic) dan Database MySQL sebagai tempat penyimpanan data yang diterapkan.


Full Text:

PDF

References


Destiningrum, M., & Adrian, Q. J. (2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter ( Studi Kasus : Rumah Sakit Yukum Medical Centre ), 11(2), 30–37.

Lestari, T., Eko, A., & Heru, S. (2017). Perancangan Sistem Informasi Scheduling Sit ( System Integration Test ) Berbasis Web Pada Pt . Collega Inti Pratama, 8(1), 29–38.

Yolanda, A., Ranita, S. V., & Idris, I. (2015). Efektivitas Penilaian Prestasi Kerja Karyawan ( Studi Kasus : Ptpn Iv ( Persero ) -Kebun Tinjowan Simalungun ), 4, 69–74.

Triayudi, A., Studi, P., Informatika, T., Informasi, F. T., & Raya, U. S. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Calon Supervisor Pada Pt . Petnesia Resindo Dengan Metode Simple Additive Weighting ( Saw ), 29–34.

Sofyan, A. A., Puspitorini, P., Yulianto, M. A., Stmik, D., Sarana, B., Stmik, M., & Sarana, B. (2016). Aplikasi Media Informasi Sekolah Berbasis Sms Gateway Dengan Metode Sdlc ( System Development Life Cycle ), 6(2).




DOI: https://doi.org/10.52187/img.v1i1.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



85%
1-2 Weeks 2-8 Weeks 8-16 Weeks
Acceptance RateSubmission to 1st DecisionPeer-review SpeedSubmission to Accepted

Indonesian Journal of Information Technology and Computing (IMAGING)

Publisher: Politeknik Harapan Bangsa Surakarta
Address: Jl. Ir. Sutami No. 46, Jebres, Surakarta, Central Java, Indonesia

Creative Commons License

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.polhas.ac.id/index.php/imaging


Stat Counter & Web Analytics: