Perbandingan Pengetahuan dan Perilaku Kebiasaan Mencuci Tangan Pakai Sabun pada Mahasiswa Prodi Manajemen Informasi Kesehatan dan Prodi Manajemen Informatika Politeknik Harapan Bangsa Surakarta Tahun 2022

Wiwien Indita

Abstract


Tindakan pencegahan yang efektif untuk memutus rantai penularan infeksi adalah dengan membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan pengetahuan dan perilaku kebiasaan cuci tangan pakai sabun pada mahasiswa prodi MIK dan prodi MI Politeknik Harapan Bangsa Surakarta tahun 2022.
Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah consecutive sampling yaitu pengambilan sampel sesuai dengan mahasiswa yang hadir pada hari pengambilan data dengan jumlah 52 mahasiswa di Politeknik Harapan Bangsa Surakarta yang terdiri dari 13 mahasiswa MIK dan 39 mahasiswa MI. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan mahasiswa MI 90% lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa MIK 85%. Perilaku kebiasaan mencuci tangan pakai sabun berada pada kategori cukup yaitu 69% baik pada siswa MI maupun MIK. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan pengetahuan siswa MI dan MIK dan tidak terdapat perbedaan perilaku siswa MI dan MIK mengenai kebiasaan mencuci tangan pakai sabun. Oleh karena itu, perlu adanya sosialisasi kebiasaan cuci tangan pakai sabun kepada mahasiswa dan penyediaan fasilitas cuci tangan di kampus Politeknik Harapan Bangsa Surakarta.


Keywords


Hand hygiene; knowledge; behaviour

Full Text:

PDF

References


Arini, M. (2020). BAB II anemia putri Skripsi Universitas Muhammadiyah Semarang. 18, 8–25.

Budiman, Riyanto A. Kapita selekta kuesioner pengetahuan dan sikap dalam

penelitian kesehatan. Edisi ke – 1. Jakarta: Salemba Medika; 2013. hal 3 – 8.

Dewi, J.K. (2017). Hubungan pengetahuan dengan pelaksanaan cuci tangan five moments perawat di rumah sakit universitas sumatera utara (disertasi). Universitas Sumatera Utara.

Li, Y., Wang, Y., Yan, D., & Rao, C. Y. (2016). Self-Reported Hand Hygiene Practices, and Feasibility and Acceptability of Alcohol-Based Hand Rubs Among Village Healthcare Workers in Inner Mongolia, China. Journal Hosp Infect.

Marisda, D. H., Thahir, R. and Windasari, D. P. (2021). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Dalam Mewujudkan Masyarakat Yang Produktif. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), pp. 354–363.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ningrum, Sukma. et al. (2021). Explorasi Perilaku Mencuci Tangan Anak Usia Sekolah dalam Pencegahan Infeksi Covid-19 di Banyuwangi Jawa Timur. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Vol.12 No.2 Hal. 200-207.

Pauzan, Fatih HA. (2017). Hubungan pengetahuan dengan perilaku cuci tangan siswa

di Sekolah Dasar Negeri Kota Bandung. Jurnal keperawatan BSI.

(1): 18-21

Puspasari Y. (2015). Hubungan pengetahuan, sikap dengan praktik perawat dalam pencegahan infeksi nosokomial di ruang rawat inap rumah sakit islam Kendal. Jurnal FIKkes J Keperawatan.

Rundle, AG. et al. (2020). COVID-19 Related School Closings and Risk of Weight Gain Among Children. Obesity Journal. Vol. 28 No.6 Hal. 1008-1009.

Ruslan, Herdiyanti. at al. (2019). Perbedaan Jumlah Bakteri Tangan pada Siswa Sekolah Dasar di Sekitar Bantaran Sungai Lulut Banjarmasin berdasarkan Teknik Mencuci Tangan. Jurnal Mahasiswa Pendidikan dokter (Homeostasis) Vol.2 No.1 Hal.179-183.

Wulandari, R. (2017). Pengetahuan dan penerapan five moments cuci tangan perawat di RSUD Sukoharjo. Jurnal Aiska.




DOI: https://doi.org/10.52187/img.v2i2.205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



85%
1-2 Weeks 2-8 Weeks 8-16 Weeks
Acceptance RateSubmission to 1st DecisionPeer-review SpeedSubmission to Accepted

Indonesian Journal of Information Technology and Computing (IMAGING)

Publisher: Politeknik Harapan Bangsa Surakarta
Address: Jl. Ir. Sutami No. 46, Jebres, Surakarta, Central Java, Indonesia

Creative Commons License

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.polhas.ac.id/index.php/imaging


Stat Counter & Web Analytics: