Multimedia Pembelajaran Interaktif Matematika Untuk Kelas XII MA Menggunakan Adobe Flash CS3 (Studi Kasus Madrasah Aliyah Al Falah Gedongan Baki Sukoharjo)
Abstract
Proses belajar mengajar di MA Al-Falah Gedongan Baki Sukoharjo khususnya pada pembelajaran matematika masih menggunakan metode ceramah, metode yang masih digunakan guru dalam mengajar. Dalam metode ceramah guru yang aktif, sedangkan siswanya hannya berperan sebagai pendengar dengan cara mencatat rumus dan pokok-pokok penting yang dikemukakan oleh guru, hal ini membuat proses pembelajaran kurang efektif, membuat siswa pasif dan merasa bosan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran lama ke media pembelajaran baru yang lebih moderen, yaitu menggunakan multimedia interaktif, yaitu menyediakan berbagai fasilitas pembelajaran dengan menyajikan materi yang dilengkapi dengan latihan soal serta tampilan yang dibuat dengan animasi agar lebih menarik sehingga penggunaannya lebih mudah, efisien, dan efektif serta berinteraktif dengan mengklik tombol-tombol yang sudah disediakan. Penulis menggunakan metode SDLC dalam mengembangkan media pembelajaran, metode tersebut meliputi perancangan: observasi, wawancara, studi pustaka. Bahasa pemograman yang penulis gunakan adalah Adobe Flash CS3.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad , Azhar. 2013. Media pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persad.
Darmawan, Dani. 2013. Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Enterprise, Jubilee. 2018. Lancar Mengguna Adobe Photoshop. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran.Yogyakarta: DIVA Press.
Madcoms. 2017. CorelDRAW X8 untuk Permulaan. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Nurtantio, Pulung & Syarif, Arry Maulana. 2013. Kreasikan Animasi-mu dengan Adobe Flash dalam Membuat Sistem Multimedia Interaktif. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Pranowo, Galih.2011. Kreasi Animasi Interatif dengan Action Script 3.0 Pada flash CS5. Yogyakarta: ANDI.
Rifa’i, Achmad, & Chatharina Tri Anni. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
DOI: https://doi.org/10.52187/img.v1i1.2
Refbacks
- There are currently no refbacks.
85% | 1-2 Weeks | 2-8 Weeks | 8-16 Weeks |
Acceptance Rate | Submission to 1st Decision | Peer-review Speed | Submission to Accepted |
Address: Jl. Ir. Sutami No. 46, Jebres, Surakarta, Central Java, Indonesia
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.polhas.ac.id/index.php/imaging
Stat Counter & Web Analytics: