Aplikasi Pelayanan Administrasi Pada Posyandu Kelurahan Barabai Barat Berbasis Web

Muhammad Adam, Ari Pantjarani, Adieb Mursyada

Abstract


Posyandu kelurahan merupakan pusat pelayanan kesehatan masyarakat yang berperan penting dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan ibu dan anak. Namun seringkali terdapat kendala dalam pengelolaan administrasi yang dapat menghambat kinerja posyandu. Untuk mengatasi masalah ini, dibangunlah sebuah aplikasi pelayanan administrasi pada posyandu kelurahan Barabai Barat berbasis web. Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah pengelolaan data pasien, jadwal pelayanan, dan laporan kegiatan posyandu. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan akurasi dan aksesibilitas data serta mempercepat proses administrasi pada Posyandu Kelurahan Barabai Barat. Aplikasi ini dirancang menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) untuk memastikan kualitas kesesuaian dengan kebutuhan pengguna. Tahap analisis kebutuhan, desain, pengembangan, pengujian, dan implementasi dilakukan secara sistematis untuk mencapai hasil yang optimal. Penggunaan aplikasi ini dapat membantu petugas posyandu dalam mengelola data pasien dengan lebih efektif dan efisien, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan posyandu. Selain itu aplikasi ini juga dapat memudahkan koordinasi antara petugas posyandu, ibu hamil, dan anak-anak yang membutuhkan pelayanan kesehatan.


Keywords


Posyandu

Full Text:

PDF

References


Anita, Apriyanto, & Suppa, R. (2022). Aplikasi E-Posyandu di Kecamatan Mungkajang berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika Unanda, 1(1), 18–27.

Arief, S. F., & Sugiarti, Y. (2022). Literature Review: Analisis Metode Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 8(2), 87–93. https://doi.org/10.35329/jiik.v8i2.229

Hafifah, N., & Abidin, Z. (2020). Peran Posyandu dalam Meningkatkan Kualitas Kesehatan Ibu dan Anak di Desa Sukawening, Kabupaten Bogor. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(5), 893–900.

Setiawan, I., & Hamidin, D. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Posyandu Ibu Dan Anak Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus : Posyandu Desa Pekuncen). Jurnal Teknik Informatika, 13(1), 17–22.




DOI: https://doi.org/10.52187/img.v3i2.172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



85%
1-2 Weeks 2-8 Weeks 8-16 Weeks
Acceptance RateSubmission to 1st DecisionPeer-review SpeedSubmission to Accepted

Indonesian Journal of Information Technology and Computing (IMAGING)

Publisher: Politeknik Harapan Bangsa Surakarta
Address: Jl. Ir. Sutami No. 46, Jebres, Surakarta, Central Java, Indonesia

Creative Commons License

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.polhas.ac.id/index.php/imaging


Stat Counter & Web Analytics: