Aplikasi Pembelajaran Vocabulary Bahasa Inggris untuk Siswa SD Negeri 2 Barabai Barat

Muhammad Fajar Aufa Rizqi, Bambang A Setiawan, Sri Wahyuni Samaratulzanah

Abstract


Vocabulary atau kosakata berarti kumpulan kata yang dimiliki dan dipahami seseorang dalam suatu bahasa. Kosakata mengacu pada aspek penting dari keterampilan bahasa yang melibatkan pemahaman dan penggunaan kata-kata dalam bahasa yang dipelajari. Pembelajaran kosakata bahasa Inggris di SD Negeri 2 Barabai Barat saat ini masih menghadapi beberapa tantangan, seperti kurangnya sumber daya pembelajaran yang interaktif dan kurangnya aksesibilitas terhadap materi pembelajaran yang relevan. Hal ini dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami dan menggunakan kosakata bahasa Inggris dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan sebuah solusi yang efektif dan inovatif untuk meningkatkan pembelajaran kosakata bahasa Inggris bagi siswa SD Negeri 2 Barabai Barat. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kemampuan siswa kelas 6 pada SD Negeri 2 Barabai Barat dalam mengetahui kemampuan kosakata Bahasa Inggris mereka. Aplikasi Pembelajaran Vocabulary Bahasa Inggris untuk Siswa SD Negeri 2 Barabai Barat adalah sebuah aplikasi berbasis android yang dirancang untuk membantu siswa SD Negeri 2 Barabai Barat dalam memperluas dan meningkatkan kosakata bahasa Inggris mereka. Aplikasi ini menggunakan metode pembelajaran yang interaktif dan menarik untuk membantu siswa belajar kosakata baru dengan cara yang menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif sebagai metode pengumpulan data dan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Hasil dari pembuatan aplikasi ini adalah aplikasi Vocabulary Bahasa Inggris yang mudah digunakan dan efektif untuk meningkatkan kemampuan kosakata Bahasa Inggirs siswa SD Negeri 2 Barabai Barat. Diharapkan aplikasi ini dapat membantu siswa SD Negeri 2 Barabai Barat dalam belajar Bahasa Inggris dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Keywords


Aplikasi, Vocabulary, Game

Full Text:

PDF

References


Asmoro, M. P., & Annaningtyas, C. (2023). The Analysis of Code Mixing Used by Livy Renata in Tema Indonesia Youtube Channel. RADIANT: Journal of Applied, Social, and Education Studies, 4(1), 64-73.

Dwi, H. (2023). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Untuk Anak Didik Usia 4-5 Tahun. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(1), 18–22. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/JUBPI/article/view/918

Fariyanto, F., Saidah, & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 52–60.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678

Rejeki, Y. S., Sasongko, N., Faturrahman, D. G., Saputra, M. A., & Wibowo, B. B. (2023). Pembangunan Aplikasi Game Edukasi Vocabulary. February, 0–9.

Setiawan, B. A., Utami, E., & Hartanto, A. D. (2021). Banjarese Chatbot Using Seq2Seq Model. ICOIACT 2021 - 4th International Conference on Information and Communications Technology: The Role of AI in Health and Social Revolution in Turbulence Era, 233–238. https://doi.org/10.1109/ICOIACT53268.2021.9563915

Sutanto, N. H., Setiawan, B. A., Rakhman, G. F., Utami, E., & Mustafa, M. S. (2020). Analisis Aspek-Aspek Kualitas Skema Basis Data (Studi Kasus: Analisis Jabatan Bagian Organisasi Kabupaten Balangan). Jurnal Syntax Admiration, 1(7), 890–901. https://doi.org/10.46799/jsa.v1i7.134

Tri Widyahening, C. E., & Sufa, F. F. (2021). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Bingo Game bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1135–1145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1638




DOI: https://doi.org/10.52187/img.v3i2.148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



85%
1-2 Weeks 2-8 Weeks 8-16 Weeks
Acceptance RateSubmission to 1st DecisionPeer-review SpeedSubmission to Accepted

Indonesian Journal of Information Technology and Computing (IMAGING)

Publisher: Politeknik Harapan Bangsa Surakarta
Address: Jl. Ir. Sutami No. 46, Jebres, Surakarta, Central Java, Indonesia

Creative Commons License

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.polhas.ac.id/index.php/imaging


Stat Counter & Web Analytics: