Sistem Informasi Penilaian Perkembangan Belajar Siswa Berbasis Web Dengan Framework CodeIgniter Di Kumon Ngringo Jaten, Karanganyar

Dewi Santika Wulandari

Abstract


KUMON Ngringo adalah lembaga kursus belajar bergerak di bidang pendidikan pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris, yang bertujuan untuk mengajarkan siswa belajar dengan mandiri dan disiplin. Hubungan siswa dengan pengajar sangatlah dekat, pengajar harus memahami kemampuan siswanya dan mengenal cara belajarnya. Pencatatan nilai dan catatan perkembangan siswa di KUMON Ngringo sendiri masih menggunakan metode manual yaitu dengan menulis ke buku nilai KUMON yang bertumpuk-tumpuk dan mencari buku sesuai nama siswa nya. Pengajar menyampaikan perkembangan siswa harus berkomunikasi dengan masing-masing orang tua siswa dengan melihat catatan di buku nilai KUMON. Sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam proses berkomunikasi dengan orang tua siswa tentang nilai perkembangan siswa dan dapat menimbulkan kehilangan dan kerusakan dokumen. Berdasarkan uraian dari latar belakang, maka dapat dirumuskan masalah yang akan diselesaikan dalam penelitian ini adalah "Bagaimana merancang dan membuat sistem informasi penilaian perkembangan belajar siswa di KUMON Ngringo berbasis Web". Sistem Informasi bertujuan untuk memudahkan dalam pengelolaan suatu data informasi. Metode pengembangan sistem yang penulis gunakan adalah metode SDLC (System Development Life Cycle). Bahasa pemograman yang penulis gunakan adalah PHP dengan menggunakan CodeIgniter sebagai framework-nya dan database MySQL sebagai tempat penyimpanan data. Hasil dari perancangan system ini terdiri dari diagram konteks, DFD, ERD, Skema diagram dan interface. Pengguna dari system informasi antara lain admin, pengajar dan siswa. Keywords: Sistem Informasi, Penilaian, PHP, MySQL, Codeigniter.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, E. Y. (2017). Pengantar sistem informasi. Penerbit Andi.

Sofwan, A. (2003). Belajar PHP dengan Framework Code Igniter. Dipetik Oktober, 13, 2014.

Sofwan, A. (2007). Belajar Mysql dengan Phpmyadmin. Fakuktas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur.

Suharti, S., & Susanti, W. (2021). Sistem Monitoring Perkembangan Belajar Siswa Berbasis WEB dan SMS Gateway. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi (JMApTeKsi), 2(3), 108–112.

Suryadi, S., Erlamsyah, E., & Yusri, Y. (2017). Hubungan Kemampuan Menyelesaikan Tugas-Tugas Pelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 14–18.

Tiara, D., & Syukron, A. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MONITORING PERKEMBANGAN ANAK BERBASIS WEBSITE PADA RUMAH PINTAR INDONESIA (RPI) YOGYAKARTA. Bianglala Informatika, 7(2), 130–136.

Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, October, 1–5.

Yuliano, T. (2007). Pengenalan Php. IlmuKomputer. Com.




DOI: https://doi.org/10.52187/img.v2i1.14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.